Mengenal Kata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verb)

Good evening everyone and welcome back to BIB (Bahasa Inggris Bersama) blog, selamat malam semuanya dan selamat datang kembali diblog BIB (Bahasa Inggris Bersama), mari belajar bahasa Inggris bersama-sama^^. Well, hari ini giliran kita untuk berkenalan dengan yang namanya Verb (Kata Kerja) yang juga termasuk salah satu dari 9 parts of speech (9 jenis kata dalam bahasa Inggris).
Kata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verb)
Verb atau Kata Kerja adalah kata yang menunjukan aksi atau keadaan, dan jumlahnya ada sangat banyak sekali pastinya, gak kalah deh sama jumlah noun (kata benda), di postingan ini kita hanya berkenalan saja dulu, jangan langsung PDKT apalagi jadian, kita kenali dulu apa namanya, apa jenisnya, dan ciri-cirinya terlebih dulu.

Berikut adalah beberapa jenis dan istilah Verb (Kata kerja):

Regular dan Irregular verb

Regular verb berarti kata kerja beraturan, yakni kata kerja yang bisa ditambah d atau ed saat past tense dan past participlenya. contoh: walk - walked - walked, talk - talked - talked, love - loved - loved, sedangkan Irregular verb adalah kata kerja yang memiliki perubahan tidak beraturan seperti come - came - come, meet - met - met, see - saw - seen, feel - felt - felt dan sebagainya.

Transitive dan Intransitive Verb

Transitive Verb adalah kata kerja yang harus membutuhkan object agar kalimatnya jelas. Contoh: eat = makan, kata ini harus membutuhkan object (sesuau yang dimakannya) agar kalimatnya jelas, contoh I eat the pizza=saya makan pizza, she drinks water=dia minum air, my mother washes the dishes=ibu saya mencuci piring dan lainnya. Sedangkan Intransitive verb adalah kebalikan dari Transitive verb yakni kata kerja yang bisa berdiri sendiri (tanpa membutuhkan object). Contoh: sleep, rest, die dan sebagainya, semua kata kerja tersebut tidak membutuhkan object, misal: You will die=kamu akan mati, I sleep in bedroom=saya tidur di kamar tidur.

Linking Verb

Linking verb adalah kata kerja yang berfungsi untuk menghubungkan subject dengan compliment (pelengkap) yang menerangkannya. Contoh: I feel happy, everyone will become old, She looks very beautiful.

Dinamyc dan Static Verb

Kata kerja dinamik adalah kata kerja yang berupa aktivitas yang dilakukan secara nyata dan tidak abstrak seperti walk, talk, eat, drink dan aktivitas nyata lainnya. Sedangkan kata kerja statik adalah kata kerja abstrak (tidak berupa aktivitas yang dapat dilihat nyata) seperti: think=berpikir, understand=mengerti, know=tahu, hear=mendengar dan sebagainya.

Helping Verb

Dan yang terakhir ada istilah helping verb (kata kerja bantu) seperti to be (am is are) dan shall, will, have to, can, could dan sebagainya.

Phrasal Verb

Dan yang terakhir ada phrasal verb, phrasal verb adalah suatu frasa yang terdiri dari kata kerja standar dan salah satu particle. Contoh come out, go into, play around dan sebagainya.

Lainnya: Mengenal Kata Benda dalam Bahasa Inggris (Noun)

Ok, sip, cukup itu saja dulu ya^^, oh, kalau sobat masih belum mengerti betul juga gak papa kok, karna nanti insya allah akan dibahas lebih detail dipostingan tersendiri masing-masing. Jadi untuk saat ini yang penting tau dulu dengan istilah-istilah di atas, ibaratnya cukup tau namanya dulu lah, baru ntar kapan-kapan cari tau bibit bobot dan bebetnya XD.

0 Response to "Mengenal Kata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verb)"

Post a Comment