Pengertian Kata Benda Tunggal dan Jamak (Singular Noun dan Plural Noun)

Hello everybody, how are you, today? I hope you alright, mudah-mudahan kabar sobat semua baik-baik saja, materi pelajaran kita hari ini adalah mengenai pengertian Singular noun dan juga Plural noun. Sebelumnya kalian sudah tau kan dengan istilah noun? kita sudah mempelajarinya di dalam pelajaran jenis-jenis kata bahasa Inggris (parts of speech) dan saya anggap sobat semua sudah tau arti istilah noun.
Kata benda tunggal dan jamak (Singular dan Plural Noun)

Singular Noun

Pertama kita mulai dengan singular noun, singular noun adalah kata benda yang menunjukan hanya satu, atau kalau dipelajaran bahasa Arab itu artinya mufrod, mengerti kan?. Contohnya: a boy, an apple, one book dll. Untuk kata benda singular (singular noun) harus memakai article a atau an. Contoh:
I eat an apple everyday
saya makan satu apple setiap hari

Plural Noun

Yang kedua adalah kata benda plural (plural noun), yaitu kata benda yang lebih dari satu, bisa dua, tiga, empat atau banyak, ya semuanya adalah tergolong plural noun. Kata benda plural tidak boleh menggunakan article a dan an. Contoh plural noun: books, papers, boys, girls, pens.
I usually buy many books
saya biasanya membeli banyak buku

Kata benda singular juga bisa diubah menjadi kata benda plural dengan beberapa aturan sebagai berikut:
  1. Menambah akhiran s pada kata benda yang tidak berakhiran s, z, x, sh, ch, f, fe dan y yang sebelumnya bukan huruf konsonan. Contoh: book > books, pen > pens, day > days, love > loves.
  2. Menambahkan akhiran es jika kata bendanya berakhiran s, z, x, ch dan sh. Contoh: kiss > kisses, buzz > buzzes, box > boxes, watch > watches, dish > dishes
  3. Menanbahkan akhiran ies jika kata bendanya berakhiran y yang sebelumnya huruf konsonan. Contoh: baby > babies, lady > ladies, city > cities
  4. Menambahkan akhiran ves jika kata bendanya berakhiran f atau fe. Contoh: wolf > wolves, self > selves, wife > wives, knife > knives
*Note: ada beberapa kata yang berakhiran f yang pluralnya hanya ditambah dengan s saja, ini merupakan pengecualian, dan inilah beberapa kata yang pengecualian: chief > chiefs, grief > griefs, hoof > hoofs, roof > roofs, mischief > mischiefs, kerchief > kerchiefs.

Oh iya, ada satu hal lagi yang ingin saya bahas tentang plural noun ini, plural noun terbagi lagi kepada dua group, yaitu regular plural noun dan irregular plural noun.

Regular Plural Noun

Regular plural noun adalah kata benda yang memiliki aturan perubahan singular ke plural seperti aturan yang ada di atas, yang ditambah s seperti yang dijelaskan di atas.

Irregular Plural Noun

Ini yang cukup sulit, karna namanya aja irregular (tidak beraturan), jadi singular dan pluralnya mempunyai perubahan yang tidak beraturan. Tidak ada rumus pasti untuk membentuk irregular plural noun ini, satu-satunya cara adalah menghafal dan membiasakannya^^ nanti insya allah akan saya share kumpulan kosakata dengan singular dan plural yang termasuk irregular/tidak beraturan.

Artikel lainnya: Nama Hari dalam Bahasa Inggris (Days of the Week)

Satu lagi bray, ada beberapa kata yang unik yakni selalu disebut dalam bentuk jamak/pluralnya meskipun benda itu cuma satu. Ini dia beberapa kata benda unik tersebut tidings, scissors, specktacles, oats, tongs, glasses, dregs, trousers, rickets, snuffers, pinchers, bellows, shears, suds, mumps, victuals, tweezers, measles, goods, grounds dan masih banyak lagi, hampir semua bahasa sepertinya selalu ada yang namanya irregular jadi saat mempelajari bahasa jangan terlalu berpegang pada aturan atau grammar, tapi cobalah untuk membiasakannya sahaja, tak perlu memahami bahasa terlalu rumit tapi cukup pahami sesingkat mungkin setelah itu banyak-banyaklah gunakan untuk praktek insya allah kemampuan bahasa kita akan meningkat.

0 Response to "Pengertian Kata Benda Tunggal dan Jamak (Singular Noun dan Plural Noun)"

Post a Comment