Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense

Hello, welcome back learners!, kita bersuah kembali bersama saya riizhu^^, di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang simple present tense, nah sekarang di postingan ini kita akan mempelajari tentang tense kedua yaitu simple past tense, tense yang digunakan untuk menerangkan kejadian yang telah terjadi (masa lalu),

Rumus:

Bentuk Nominal

He/She/It/I + (Was) + Complement
We/They/You + (Were) + Complement

Bentuk Verbal

I/You/We/They/He/She/It + Verb 2 + Object/Adverb

*note: Pada kalimat positif kata kerja yang dipakai adalah kata kerja bentuk kedua (Verb 2). Kata kerja bentuk kedua terdiri dari:

Regular form (Bentuk Beraturan)
Bentuk ini dibuat dengan cara menambahkan "d/ed" pada verb (Verb 1+d/ed). Adapun aturan penambahannya adalah:
  • Kata kerja yang berakhiran huruf "e" hanya ditambah "d". Contoh Love - Loved, Like - Liked. 
  • Kata kerja yang terdiri dari satu suku kata dengan pola KVK (Konsonan Vokal Konsonan) dimana vokal tersebut dibaca pendek, maka konsonan terakhir ditulis rangkap kemudian ditambah "ed". Contoh Trap - Trapped, Clap - Clapped.
  • Kata kerja yang terdiri dari dua suku kata dimana suku kata kedua berpola KVK yang dibaca dengan tekanan, maka konsonan terakhir ditulis rangkap kemudian ditambah "ed". Contoh submit - submitted, transfer - transferred.
  • Kata kerja yang terdiri dari dua suku kata yang berakhiran dengan huruf "L", maka huruf "L" ditulis rangkap kemudian ditambah dengan "ed". Contoh cancel - cancelled, travel - travelled tetapi apabila suku kata terakhir dibaca panjang, maka hanya perlu ditambah dengan "ed", huruf "L" tidak perlu ditulis rangkap. Seperti reveal - revealed, conceal - concealed.
  • Kata kerja yang berakhiran dengan "Y" yang didahului dengan konsonan, maka huruf "Y" dirubah menjadi "i" kemudian ditambah dengan "ed". Contoh study - studied, carry - carried.

Irreguler Form (Bentuk tak beraturan)
Bentuk tidak beraturan harus dihafalkan dengan cara melihat kamus atau daftar kata kerja tak beraturan. Contoh irregular form win - won - won, eat - ate - eaten, lose - lost - lost. Kata kerja irregular harus dihafalkan karna tidak ada aturan pasti dalam perubahannya^^, mungkin di awal-awal belajar akan kebingunan dengan irregular verb ini, tapi kalau lama-lama nanti juga terbiasa kok dan hafal dengan sendirinya jika sobat terus belajar bahasa Inggrisnya.

*note: Pada kalimat negatif dan kalimat interogatif dipakai kata kerja bantu (Auxiliary Verb) Did dan kata kerja yang dipakai adalah kata kerja bentuk pertama (Verb 1). Jadi Verb 2 hanya dipakai pada Kalimat Positif. Contoh: I did not eat last night (saya tidak makan tadi malam), did you see him yesterday (apa kamu telah melihat dia kemarin).

Penggunaan Simple Past Tense

Digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa atau perbuatan yang terjadi atau dilakukan di masa lampau yang disebutkan waktu kejadiannya secara jelas. Contoh:
They were not here yesterday
Mereka tidak berada disini kemarin
She went to Banjarbaru a week ago
Dia pergi ke Banjarbaru seminggu yang lalu
Did you come to her house last night?
Apakah kamu datang ke rumah dia kemarin malam?

Keterangan waktu yang seringkali dipakai untuk tujuan ini antara lain adalah : Yesterday(kemarin), Last week/month/year(minggu/bulan/tahun lalu) a week/month/year ago(seminggu/sebulan/setahun yang lalu) this morning(pagi ini) dan sebagainya.
Digunakan untuk menunjukkan peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau yang diketahui atau dinyatakan melalui pertanyaan mengenai waktu kejadiannya. Contoh :
What time did your brother leave for Yogyakarta?
Jam berapa kakakmu berangkat ke Yogyakarta?

Digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang sudah jelas terjadi atau dilakukan di masa lampau tetapi tidak disebutkan secara pasti waktu kejadian tersebut. Contoh :
My uncle bought this house from a friend of my father
Pamanku membeli rumah ini dari teman ayahku

Digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang waktu kejadiannya menjadi jelas atau bisa diketahui sebagai akibat dari pertanyaan dan jawaban yang dinyatakan dalam Present Perfect Tente. Contoh :
X : Where have you been? (kemana saja kamu)
Y : I have just taken a walk (aku baru saja jalan-jalan)
X : Did you enjoy it? (apa kamu menikmatinya)
Y : Yes, I enjoyed very much (ya, aku sangat menikmatinya)

Digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang dilakukan atau terjadi di masa lampau yang tidak disebutkan secara jelas waktu kejadiannya tetapi kejadian tersebut waktunya berselang beberapa lama dari waktu diucapkannya peristiwa tersebut. Contoh :
My sister worked for that company for ten years (But she does not work there anymore now)
Saudara perempuanku bekerja di perusahaan itu selama sepuluh tahun (tetapi dia sudah tidak bekerja di sana lagi sekarang)

Digunakan untuk menyatakan untuk perbuatan yang dilakukan sebagai suatu kebiasaan di masa lampau. Contoh :
My brother never drank milk five years ago
Saudara laki-lakiku tidak pernah minum susu lima tahun yang lalu

Digunakan sebagai If Clause (Anak Kalimat) dalam Kalimat Pengandaian Tipe kedua (Conditional Sentense Type 2), sedangkan Main Clause (Induk Kalimat) berada dalam Past Future Tense. Contoh :
I would tell you if I knew it
Saya akan beritahu kamu seandainya saya tahu tentang itu
Baca juga tense lainnya: Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Present Tense

Sekian pelajaran bahasa Inggris kita tentang Simple Past Tense hari ini, nanti kita akan bahas tentang tense-tense berikutnya lagi ya. ok bye bye, see you later..

2 Responses to "Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense"

  1. Terimakasih ulasan Materi Mengenai Simple Past Tense nya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Makasih Gan informasi menganai Simple Past Tense nya, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete