Aturan Urutan Kata Sifat (Adjective) Bahasa Inggris

Hallo, jumpa lagi bersama saya riizhu^^, apa kabar semuanya, baik-baik saja kan? Ok, hari ini riizhu akan menshare sebuah mini lesson saja, artikel pendek yang menjelaskan tentang aturan urutan dalam penggunaan banyak kata sifat untuk memodifikasi nomina. Di dalam bahasa Inggris, ketika kita ingin mengucapkan banyak kata sifat yang memodifikasi satu nomina, ada aturan urutan yang harus ditaati lho, jadi jangan sembarangan menempatkan urutan kata sifat ya^^.

Sebelumnya, kita harus sudah paham kategori-kategori dari kata sifat, misalnya color, origin, shape, determiner, opinion, age dan lainnya. Dan berikut ini adalah urutan dari kata sifat bahasa Inggris sesuai aturan yang berlaku:
Aturan urutan kata sifat
Urutan kata sifat bahasa Inggris:
  1. Determiner (one, a, an, the dll)
  2. Opinion (amazing, beautiful, good bad dll)
  3. Size (big, small, long, short, high, large dll)
  4. Age/Temperature (old, new, hot, cold dll)
  5. Shape (round, square, fat, thin dll)
  6. Color (red, white, black, blue dll)
  7. Origin (indonesian, american, asian, swedish, victorian dll)
  8. Material (cotton, rubber, metal, iron dll)
  9. Purpose (football, school dll)
  10. Kata benda

*Note: Untuk lebih mudah mengingat urutannya, ingat saja kata DOSASCOMP (Jika determiner tidak dihitung maka cukup ingat OSASCOMP saja) yang diambil dari initial kategori-kategori di atas^^.
Urutan kata sifat bahasa Inggris (DOSASCOMP)
Dan untuk memastikan bahwa kita telah paham sepenuhnya, silahkan pahami urutan-urutannya di dalam contoh-contoh kalimat di bawah ini:
She has an expensive school bag (determiner, opinion, purpose, kata benda)
Dia memiliki tas sekolah yang mahal
That beautiful girl has beautiful long red hair (opinion, size, color, kata benda)
Gadis cantik itu mempunyai rambut berwarna merah yang panjang lagi indah
That two skinny indonesian boys are amazing (demonstrative, determiner, opinion, origin, kata benda)
Dua laki-laki indonesia kurus itu menakjubkan
The samurai has two wonderful long 100-years-old Japanese wooden sword (determiner, opinion, size, age, origin, material, kata benda)
Samurai itu mempunyai dua pedang kayu panjang yang hebat dari Jepang berumur seratus tahun

Bagaimana? Apa sudah mengerti sepenuhnya tentang penggunaan urutan dalam kata sifat? Apa sudah menghafalnya?. Baiklah dengan ini berakhir sudah pelajaran kita hari ini tentang aturan urutan kata sifat (adjective) dalam bahasa Inggris. Semoga semuanya diberi pemahaman oleh Allah SWT. Terakhir, share yuk via komentar contoh kalimat yang menggunakan banyak adjective lewat komentar^^, biar memperbanyak referensi contoh kalimat buat para pembaca. Dan jika postingan ini bermanfaat, bantu dishare ya, jika ada pertanyaan berkaitan dengan pembahasan kita pada postingan ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Kalau saya bisa jawab pasti akan saya bantu. Baiklah saya riizhu mohon pamit, assalamualaikum.

0 Response to "Aturan Urutan Kata Sifat (Adjective) Bahasa Inggris"

Post a Comment