Pengertian dan Contoh Kalimat Imperative dalam Bahasa Inggris

Welcome to https://bahasainggrisbersama.blogspot.com, a blog for everyone who want to learn English for free. Well, hari ini kita akan membahas tentang kalimat imperative, apa sih imperative itu? Dan bagaimana contohnya. Imperative termasuk salah satu dari tiga mood yang dimiliki kata kerja. (i.e imperative, indicate dan subjunctive). Imperative adalah kata kerja yang digunakan untuk membuat perintah, intruksi, permintaan ataupun peringatan. Dan kalimat imperative tidak memerlukan subject, dan jika ingin mengikut sertakan si pembicara, maka tambahkan kata let's/let us. Untuk membuat imperative gunakan kata kerja infinitive tanpa "to" (bare infinitive), dan untuk membuatnya menjadi bentuk negatif tambahkan don't/do not.
Kalimat Imperative

Perintah (Command)

Bentuk perintah menggunakan imperative ini tergolong agak kasar, karnanya biasanya hanya digunakan oleh orang tua kepada anaknya atau bisa juga oleh bos ke anak buahnya, jangan menggunakan bentuk perintah ini kepada orang yang memiliki derajat sama atau lebih tinggi darimu. Contoh:
Do the homework
Kerjakan PRnya
Come here!
Kemari!
Sit down!
Duduk!
Close the door
Tutup pintunya
Don't come back
Jangan kembali lagi
Let's go
Ayo kita pergi
*Note: Stress (penekanan) dan Intonasi imperative bentuk perintah biasanya menurun di akhir kalimat

Peringatan (Warning)

Sebenarnya semua imperative itu merupakan bentuk perintah, tapi ada yang menclasifikasikannya juga dalam bentuk peringatan, bentuk perintah untuk memperingatkan seseorang. Contoh:
Be carefull!
Hati-hati
Don't move
Jangan bergerak
*Note: Biasanya imperative ini memiliki intonasi yang meninggi di akhir kalimat.

Saran (Advice)

Ada juga imperative yang berupa saran atau nasehat, untuk imperative berupa saran intonasinya biasanya normal. Contoh:
Don't eat too much
Jangan makan terlalu banyak
Don't talk while eating
Jangan bicara ketika makan

Permintaan (Request)

Ada juga imperative yang berupa permintaan, untuk membuat imperative permintaan ini sobat harus membuat kalimat yang sopan, biasanya ditambahkan kata "please" dan diucapkan dengan nada yang sopan. Contoh:
Please stay with me
Kumohon tetaplah denganku
Please, don't go anywhere
Tolong jangan pergi kemana-mana
Please, share this article with others
Tolong, bagikan artikel ini kepada yang lain

Baca juga: Mengenal Penggunaan Modal Verb Can dan Could

Oke, cukup sampai di sini dulu pelajaran kita hari ini yang membahas mengenai imperative, mudah-mudahan pelajaran kali ini bisa dipahami dengan mudah. aamiin. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, semoga kemampuan bahasa Inggrisnya terus meningkat, sampai ketemu lagi di lain kesempatan bye bye^^)/.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Kalimat Imperative dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment