Perbedaan Penggunaan When dan While

What's up guys, selamat malam sobat BIB (Bahasa Jepang Bersama) di mana pun berada, selamat berjumpa kembali, dan salam kenal buat pengunjung baru blog ini^^, nama saya Miftah Riza, atau dikenal juga dengan nama riizhu. Well, malam ini kita masih akan membahas tentang perbedaan dua buah kata yang memiliki arti cukup mirip atau bahkan sama. Malam ini kita akan membahas perbedaan penggunaan conjunction when dan while yang keduanya biasanya diartikan dengan kata "ketika" dalam bahasa Indonesianya, dan hal itu cukup membuat banyak pelajar bahasa Inggris kebingungan memilih kata yang tepat antara when dan while, termasuk saya juga pernah kebingungan juga dengan when dan while ini^^. Dan dengan adanya postingan ini saya harap sobat semua akan sudah mengerti dan dapat membedakan kapan menggunakan when dan kapan menggunakan while secara tepat. Baiklah yuk, langsung kita mulai yuk^^.

Penggunaan When

Kata when berfungsi sebagai conjunction yang digunakan untuk kejadian singkat atau interupsi, jadi when digunakan pada dua peristiwa yang berurutan, dan when biasanya diikuti dengan tense non progressive (non continuous) tapi when bisa diikuti verb -ing Gerund. Contoh:
I was studying English when my friend came
Ketika temanku datang saya sedang belajar bahasa Inggris
When you reach stage 40 you will get an epic weapon
Ketika kamu mencapai stage 40 kamu akan mendapatkan senjata yang hebat
Japanese people apoligize when they come late
Orang Jepang meminta maaf ketika mereka datang terlambat
I will buy a new camera when I get salary
Saya akan membeli kamera baru ketika saya mendapat gajih
You were sleeping when I came to your home last night
Kamu sedang tidur ketika aku datang ke rumahmu tadi malam
I like to watching a movie when I feel lonely
Saya suka menonton film ketika saya merasa kesepian
Is it possible to be neutral when talking about religion?
Apakah mungkin menjadi netral ketika berbicara tentang agama?

Penggunaan While

Sama halnya dengan when, while juga berperan sebagai conjunction dan while digunakan untuk kejadian yang terjadi secara bersamaan dan, jika when biasanya selalu diikuti tense non progressive maka while sebaliknya, while selalu diikuti oleh kata kerja+ing atau tense progressive (continuous). Contoh:
While I was studying English, my sister was watching television
Ketika saya sedang belajar bahasa Inggris, saudari saya sedang menonton TV
I came to your home while you was sleeping last night
Saya datang ke rumahmu ketika kamu sedang tidur tadi malam
Can I really learn a new language while sleeping?
Bisakah saya belajar bahasa baru ketika sedang tidur?
I found a wallet this morning while I was walking to school
Saya menemukan sebuah dompet pagi ini ketika saya sedang berjalan ke sekolah
Please, don't disturb him while he's studying
Tolong jangan ganggu dia ketika dia sedang belajar
Artikel lainnya: Arti dan Penggunaan Kata Would Like dalam Bahasa Inggris

Oke, selesai sudah pelajaran singkat kita malam ini yang membahas mengenai peebedaan penggunaan kata when dan while, agar lebih mudah, sobat cukup mengingat kata kerjanya saja, jika kata kerjanya progressive maka gunkanlah while, dan jika tidak, maka gunakanlah when, ya, cukup mengingat hal itu saja, when digunakan pada kejadian yang berlangsung dengan cepat dan berurutan, sedang while digunakan pada kejadian yang sedang berlangsung / terjadi secara bersamaan.

Wah, ternyata cukup singkat ya pelajaran kita kali ini, ya, saya memang lebih suka menjelaskannya dengan penjelasan sesingkat dan sejelas mungkin, tidak perlu terlalu detail yang ujung-ujungnya malah membuat kepala pusing memikirkannya, karna ini adalah ilmu bahasa men, bukan ilmu matematika, ilmu bahasa itu mudah kok, orang-orang yang mengatakan ilmu bahasa itu sulit karna mereka tidak membiasakannya. Saya yakin semua ilmu bahasa itu mudah, buktinya orang gila aja bisa menggunakan bahasa, bukan? Dan orang gila tidak bisa ilmu matematika atau pelajaran lainnya kan? Karna satu-satu ilmu pelajaran yang dia kuasai mungkin cuma bahasa^^, Jadi hal itu membuktikan kalau sebenarnya Ilmu basa itu mudah, kuncinya hanyalah membuatnya menjadi habit (kebiasaan), Jika telah terbiasa maka kita tak perlu lama-lama berpikir untuk menggunakannya, bahkan kita bisa menggunakannya diluar kesadaran kita. Sebab itulah saya lebih memilih menjelaskan ilmu bahasa sesingkat dan semudah mungkin untuk dimengerti banyak orang.

0 Response to "Perbedaan Penggunaan When dan While"

Post a Comment