Arti dan Penggunaan Used to pada Bahasa Inggris

Phrasal verb memang kadang sulit dimengerti dan dipahami, karena terkadang mereka memiliki makna yang cukup berbeda. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan fokus mempelajari tentang penggunaan used to pada bahasa Inggris.

Used to memiliki beberapa makna tergantung penggunaannya. Kita akan bahas satu persatu maknanya dan juga rumus penggunaannya. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja yuk kita pelajari arti dan penggunaannya^^ kuy, cekidot.

Arti dan Penggunaan Used to

Used to + infinitive


Rumus used to + infinitive digunakan untuk menyatakan kebiasaan yang dilakukan di masa lalu, bisa juga keadaan di masa lalu dan tidak dilakukan lagi pada masa sekarang. Dalam bahasa Indonesianya biasanya diartikan "dulu" atau "dahulu". Contoh:
I used to have long hair.
Saya dulu punya rambur yang panjang (sekarang sudah dipotong pendek)
He used to smoke.
Dia dulu merokok (sekarang sudah berhenti)
They used to live in Jakarta.
Mereka dahulu tinggal di Jakarta (sekarang sudah pindah)

Perlu diperhatikan, dalam pola kalimat negatif atau pertanyaan. Kita harus mengubah used to menjadi use to. Karena unsur past tensenya sudah terwakili oleh kata did. Contoh:
Did you use to be a teacher?Apakah kamu dulu adalah seorang guru?Did he use to study French?Apakah dia dulu belajar bahasa PerancisShe didn't use to like chocolate, but she does now.Dia dulu tidak menyukai coklat, tapi dia menyukainya sekaragI didn't use to want to have a nice house.Aku dahulu tidak menginginkan memiliki sebuah rumah yang bagus

Be + used to + verb ing


Pada rumus kedua digunakan untuk menyatakan sesuatu hal yang telah menjadi kebiasaan atau sesuatu yang sudah merupakan pekerjaan sehari-hari. Pada kasus ini kata used to lebih tepat diartikan dalam bahasa Indonesia dengan kata "terbiasa".  Contoh:
I am used to living in Jakarta nowSaya terbiasa hidup di Jakarta sekarangMy son is used to getting up earlyAnak laki-lakiku terbiasa bangun pagiThey are not used to staying out so lateMereka tidak terbiasa keluar rumah begitu larutAlex isn't used to staying up late, so he's very tired todayAlex tidak terbiasa begadang, jadi dia sangat mengantuk hari iniAre your children used to walking a lot?Apakah anak-anakmu terbiasa banyak berjalan kaki?

Catatan: pada pola ini, kita tidak perlu mengubah used to menjadi use to untuk kalimat negatif dan pertanyaan, seperti pada 3 contoh terakhir.

Kita juga bisa menggunakan rumus to be + used to + kata benda untuk menyatakan kita terbiasa akan sesuatu. Contoh:
I've lived in the UK almost all my life, so I'm used to rainSaya sudah tinggal di Inggris hampir seumur hidupku, jadi, aku sudah terbiasa dengan hujanThat football team always lose, so they're used to disappointment!Tim sepak bola itu selalu kalah, jadi mereka sudah terbiasa akan kekecewaan!They've always lived in hot countries so they aren't used to the cold weather here.Mereka selalu tinggal di negara-negara bersuhu panas sehingga mereka tidak terbiasa akan udara dingin di sini

Last, kita juga dapat menggunakan 'to get used to doing' untuk menyatakan suatu perubahan atau proses menuju keterbiasaan. Contoh:
I didn't understand the accent when I first moved here but I quickly got used to it.Aku tidak mengerti aksennya ketika aku pertama kali pindah ke sini tapi aku dengan cepat menjadi terbiasaDon't worry if your new job is hard at first. You'll get used to it.Jangan khawatir jika pekerjaanmu berat saat pertama kali. Kau akan menjadi terbiasa dengan itu.It took me a few months to get used to living in Japan. At first everything seemed very different, but then gradually it became normal for me.Perlu beberapa bulan untuk menjadi terbiasa hidup di Jepang. Pada saat pertama kali, segalanya nampak sangat berbeda, tapi kemudian secara berangsur-angsur hal itu menjadi hal yang normal untukku


You may also like:

Alright, selesai sudah pelajaran kita hari ini^^, semoga penjelasannya mudah dimengerti, jika ada hal yang tidak dimengerti atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan lewat kolom komentar ya^^, kalau ada yang ingin menambahkan juga boleh. Oke sampai di sini dulu perjumpaan kita, see you later.

0 Response to "Arti dan Penggunaan Used to pada Bahasa Inggris"

Post a Comment