8 Tips Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak? Kenapa tidak, belajar bahasa Inggris sendirian memang susah, tapi bukan berarti tidak mungkin lho asalkan kita punya kemauan tinggi, terus konsisten belajarnya dan menemukan cara belajar yang tepat dan efektif. Dan dalam postingan ini saya ingin berbagi 8 tips belajar bahasa Inggris secara otodidak. Dikarnakan setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda jadi saya tidak bisa menjamin tips-tips ini bisa efektif juga padamu, tapi insya allah tips-tips ini bisa berguna dan efektif juga buat kalian, saya juga sudah melakukan tips-tips di bawah dan alhamdulillah bahasa Inggris saya kian hari kian meningkat meski belum bisa dikatakan fasih dan mahir sih, tapi jika ku terus belajar konsisten saya yakin hanya menunggu waktunya saja untuk mendapatkan bahasa Inggris yang fasih. Baiklah langsung saja inilah 8 tips cara belajar bahasa Inggris otodidak.
Tips belajar bahasa Inggris otodidak

Pastikan Mempunyai Kamus Bahasa Inggris

Ini yang paling utama, mau kamu belajar otodidak ataupun tidak kamus harus selalu menjadi syarat jika ingin menguasai sebuah bahasa. Kamus apa yang terbaik? Hmm, tergantung pilihanmu, mau pilih yang berbentuk buku atau hanya berbentuk aplikasi juga gak papa, terserah kamu nyamannya menggunakan apa. Kalau saya sih lebih memilih kamus berbentuk aplikasi, soalnya lebih praktis dibawa dan praktis mencari katanya dan juga lebih mudah di dapatkan^^. Dan ingat, mempunyai kamus disini bukan berarti cuma beli atau download doang ya, abis itu gak pernah disentuh lagi, kalau gitu mah sama juga bo'ong. Kita harus rajin untuk mencari kata-kata yang tidak kita ketahui artinya ketika kita sedang membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Intinya kita harus rajin buka kamus untuk mengetahui arti kata bahasa Inggris yang ingin kita ketahui.

Denger lagu-lagu berbahasa Inggris

Tips selanjutnya adalah sering-sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kamu bisa menemukan lirik lagu apa saja di Google Search, setelah itu pahami liriknya, jika ada kata yang tidak kamu ketahui artinya silahkan buka kamus atau bisa terjemahkan di Google Translate, lalu dengarkan dengan baik, bagaimana kata-katanya disebutkan agar kamu bisa terbiasa dengan bahasa Inggris.

Nonton film, Acara Berbahasa Inggris

Masih sama dengan tips belajar dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris di atas, yaitu sering-seringlah menonton film dan acara berbahasa Inggris agar kamu makin terbiasa dengan mendengarkan bahasa Inggris apalagi yang diucapkan oleh para native speaker yang bahasa Inggrisnya diucapkan dengan sangat cepat dan tidak begitu jelas. Jujur saya pun masih kesulitan memahami bahasa Inggris yang diucapkan oleh para native speaker. Tips dari saya kalau nonton film sebaiknya mata kita jangan terfokus pada subtitle tapi cuekin saja subtitlenya dan fokuskan telinga mendengarkan katanya dan mata menangkap situasi dan konteksnya. Kalau saya biasanya menonton film sebanyak dua kali, pertama sambil membaca subtitlenya dan memahami ceritanya dan yang kedua untuk melatih listening bahasa Inggrisku, bahkan tak jarang saya hanya mendengarkannya saja dan filmnya tidak ditonton^^, saya tinggal tiduran deh XD.

Tingkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris Sebanyak Mungkin

Hal yang terpenting dalam memahami bahasa bukanlah grammarnya melainkan kosakatanya. Setinggi apapun ilmu grammar kita jika tidak dibarengi dengan perbendaharaan kosakata yang melimpah hasilnya tetap nol, masa saat mau bicara kita cuma menggunakan rumus-rumus saja, haha, mana ada yang bakalan mengerti, sebaliknya meski kita cuma tahu kosakatanya saja itu sudah cukup untuk menyampaikan apa yang ingin kita utarakan untuk dipahami orang. Jadi jangan lupa untuk tingkatkan selalu perbendaharaan kosakatamu sebanyak mungkin dimulai dari menghafal kata-kata dasar dan yang umum digunakan.

Kuasailah Pelajaran - Pelajaran Dasar dengan Baik

Pastikan kita menguasai sepenuhnya pelajaran dasar bahasa Inggris, jangan hanya hafal saja tapi pastikan kita menguasainya dengan sangat baik hingga semua pelajaran dasar sudah tersimpan dalam ingatan bawah sadar kita. Karna sebenarnya pelajaran-pelajaran dasar lah yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi. Selain itu biasanya untuk mempelajari pelajaran-pelajaran tingkat menengah hingga lanjut selalu memerlukan pemahaman pelajaran dasar terlebih dahulu, tidak mungkin kamu menguasai pelajaran tingkat lanjut tanpa mempelajari ilmu-ilmu dasarnya. Jadi, pastikan pondasimu kuat dan kokoh ya, agar bisa menopang pelajaran-pelajaran tingkat lanjutan.

Sering-sering Dipraktikan

Ini nih, yang paling penting, yaitu sering-sering dipraktikan, karna pelajaran bahasa itu beda dari pelajaran-pelajaran lainnya ya, ilmu bahasa itu harus selalu dipraktikan sampai tersimpan di memori alam bawah sadar kita. Tidak mungkin ada orang yang bisa lancar berbahasa tanpa pernah praktek, ini sama halnya dengan mengendarai sepeda, seseorang tidak akan bisa disebut bisa bersepeda sebelum dia pernah mengendarainya, bukan? Meskipun dia sudah tahu secara teori cara bersepeda. Practice makes perfect, bahasa Inggris kita tidak akan sempurna tanpa praktek. Dalam mempelajari bahasa kita dituntut untuk lebih banyak praktek daripada belajar.

Harus Jeli Mencari Materi Pelajaran dan Memahaminya secara Mandiri

Next, harus jeli mencari materi, sebagai seorang pelajar bahasa Inggris otodidak kita harus mandiri vroh, darimana kita bisa belajar? Banyak vroh, bisa darimana saja, tergantung apa maunya kita aja, bisa beli buku pelajaran bahasa Inggris di toko buku, atau bisa mencarinya di Internet, sudah banyak terdapat situs-situs yang memberikan jutaan materi pelajaran yang bisa dipelajari secara gratis atau berbayar, tinggal pilih saja, atau bisa belajar di youtube biar ada videonya langsung, bisa juga cari pelajaran yang langsung diajarkan oleh para native speaker langsung juga bisa. Yang pasti jika ada kemauan pasti ada jalan.

Carilah Teman dan Gabung Komunitas Belajar Bahasa Inggris

Dan tips yang terakhir adalah mencari teman seperjungan, maksudnya teman yang bisa diajak berdiskusi tentang pelajaran bahasa Inggris dan bisa saling share dan support satu sama lain. Agar bisa dapat lebih banyak teman maka gabunglah dengan komunitas belajar bahasa Inggris. Kalau susah mencari teman dan komunitas di dunia nyata, carilah di dunia maya, di sosmed, forum dan sebagainya dijamin pasti ketemu. Memiliki teman dan komunitas berguna agar kita tidak mudah menyerah dan berubah haluan^^, dengan memiliki teman akan membuat kita semakin bersemangat dan termotivasi untuk mempelajarinya, dan bisa saling berbagi tips dan trik belajar bahasa Inggris, kali aja teman kita memiliki tips belajar yang bakal efektif pada diri kita.

Baca juga: 5 Manfaat Bisa Berbahasa Inggris di Era Globalisasi Sekarang ini

Itulah 8 tips cara belajar bahasa Inggris otodidak, wah, cukup panjang juga postingan kali ini^^, semoga postingan ini bisa memberi manfaat yang panjang pula, saya juga doain semoga yang serius mempelajari bahasa Inggris bisa cepat menguasainya meskipun hanya belajar secara otodidak. Oke, cukup sampai disini perjumpaan kita, tunggu postingan-postingan terbaru dari riizhu ya^^)/, I'll see you soon in the next lesson, till then and take care.

1 Response to "8 Tips Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak"