Ragam Kata Benda dalam Bahasa Inggris (Noun)

Sebelumnya kita sudah pernah belajar tentang parts of speech, kan? Nah, salah satu dari parts of speech adalah Noun (Kata benda), dan Noun ini terbagi lagi ke beberapa jenis, seperti common noun, proper noun, abstract noun dan lain-lainnya. Semuanya akan kita pelajari dipelajaran kali ini guys, are you ready? OK, let's begin.

10 Jenis Kata Benda (Noun) Bahasa Inggris

Noun (Kata Benda) Bahasa Inggris

Common Noun (Kata kerja umum)

Kategori common noun ini adalah kata benda yang tidak spesifik, atau disebut secara umum seperti human (manusia), (hewan) cat (kucing, place (tempat), sea (laut), forest (hutan), money (uang) dan masih banyak kata benda umum lainnya.

Proper Noun (Kata benda khusus)

Proper Noun adalah kebalikan dari common noun di atas, yakni kata benda yang merupakan nama yang spesifik, seperti Muhammad (nama orang), Indonesia (nama negara), Nokia (nama hp) JL Jendral Sudirman (nama jalan), Jakarta (nama kota) dan lainnya.

Singular Noun (Kata benda tunggal)

Hmm, yang ini sudah kita pelajari, artinya adalah kata benda tunggal (memiliki jumlah satu/tunggal), seperti cat, pen, book, car, house dan sebagainya.

Plural Noun (Kata benda jamak)

Kata benda yang memiliki jumlah lebih dari satu (dua atau lebih), seperti cats, books, cars, houses.

Countable Noun (Kata benda yang dapat dihitung)

Countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung secara langsung seperti a cat, two cats, three cars, book dan sebagainya.

Uncountable Noun (Kata benda yang tidak dapat dihitung)

Uncoutable noun adalah kebalikan dari countable noun, yakni kata benda yang tidak bisa dihitung secara langsung seperti sugar (gula), water (air), rain (hujan), oil (minyak) dan sebagainya.

Abstract Noun (Kata benda abstrak)

Abstract noun adalah kata benda yang tidak memiliki bentuk fisik, dan tidak bisa dilihat dengan panca indra seperti love, idea (ide), truth (kenyataan), life (kehidupan), air (udara) dan sebagainya

Concrete Noun (Kata benda konkrit)

Kata benda ini adalah kebalikan dari kata benda abstrak yakni bisa dilihat dengan panca indra seperti car, book, apple, women, earth dan sebagainya

Coumpoun Noun (Kata benda majemuk)

Coumpoun noun adalah kata benda yang tergabung dari gabungan kata (majemuk) contoh Sunlight (cahaya matahari), Sunglasses (kacamata hitam), fireworks (kembang api), grandmother (kakek), lifetime (seumur hidup), football (sepak bola) dan sebagainya

Collective Noun (Kata benda kolektif)

Dan yang terakhir adalah istilah Collective Noun yang memiliki arti kata benda yang mengacu pada benda yang kolektif atau merupakan satu unit seperti group, team, band, family, friend, animal dan lain-lainnya.

*note: sebuah noun bisa termasuk dalam lebih dari satu jenis istilah diatas, seperti kata cat = kucing yang termasuk singular noun, countable noun sekaligus common noun.

Lainnya: 9 Parts of Speech (Jenis Kata Bahasa Inggris)

Sip, itulah beberapa istilah-istilah bahasa Inggris tentang noun dan artinya^^, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat, dan jika bermanfaat silahkan share blog ini ke teman-teman sobat yang ingin belajar bahasa Inggris ya_(_^_)_.

0 Response to "Ragam Kata Benda dalam Bahasa Inggris (Noun)"

Post a Comment