Pelajaran Tentang Article Bahasa Inggris (a, an dan the)

Hello everyone, thanks for being here, well, dalam pelajaran hari ini kita akan mempelajari mengenai yang namanya article/artikel, hmm, pelajaran tentang article ini agak mudah-mudah sulit sih, dibilang sulit tapi pelajarannya cukup mudah, tidak banyak yang harus di ingat, dibilang mudah tapi banyak juga yang tidak mengerti sepenenuhnya.

Buat para pelajar bahasa Inggris pemula, pemahaman terhadap article cukup penting, jadi silahkan simak dengan seksama pelajaran kita kali ini ya^^.

pelajaran bahasa inggris tentang article
Ada 3 macam artikel dalam bahasa Inggris, yaitu Indefinite article, Definite article dan Zero article.

Indefinite Article (Artikel tidak pasti)

Yang pertama dan yang paling mudah dimengerti juga yaitu Indefinite article yaitu article a dan an yang ditempelkan pada kata benda singular yang bisa bermakna sebuah, seekor, seorang tergantung kalimatnya, intinya maknanya menunjukan satu dan benda yang dimaksud masih tak pasti/bersifat umum. Contoh: a boy (seorang laki-laki), a cat (seekor kucing), an apple (sebuah apple) dll.
*note: indefinite article hanya bisa digunakan pada kata benda tunggal yang dapat dihitung (countable singular noun) saja. Berikut ini adalah perbedaan article a dan an.

Penggunaan Article A

artikel digunakan pada kata benda yang pengucapan awal katanya adalah konsonan. Contoh:
a cat, a dog, a star, a moon, a sun dan lain-lain.
*note: hati-hati pada huruf vocal u, karna ada beberapa kata yang berawalan u namun pengucapannya seperti konsonan (dibaca yu) dan kata tersebut menggunakan article a bukan an. Contoh: a university, a uniform, a union, a universal studio, a unique person dan sebagainya.

Penggunaan Article An

Jika article a digunakan pada bunyi konsonan maka article an sebaliknya, digunakan pada kata yang pengucapannya dimulai dengan bunyi huruf vokal. Seperti: an umbrella, an under dog, an apple, an eagle, an ice cream, an object dan sebagainya.
*note: hati-hati pada huruf konsonan h, karna ada beberapa kata yang berawalan huruf h namun diucapkan seperti huruf vokal (a) dan kata-kata seperti itu menggunakan article an. Contoh: an hotel, an hour, an honest person dan sebagainya.

Definite Article (Artikel Pasti)

Nah, berikutnya ini adalah lawan kata dari indefinite article di atas, article ini bermakna jelas atau si pembicara dan pendengar sudah sama-sama tau mana benda yang dimaksud. Hmm kalau kalian pernah belajar bahasa Arab maka maknanya sama persis dengan alif lam yang biasanya menempel di kata benda. Definite article yang dimaksud disini ialah the. Contoh: open the door / buka pintu itu dalam kalimat ini baik si pembicara maupun si pendengar telah mengetahui mana pintu yang akan di buka tersebut. I listen girl generation's songs everyday, I like the girls / saya mendengarkan lagu-lagunya girl generation setiap hari, saya suka cewek-cewek itu. Dari kalimat ini kata the girls (cewek-cewek) yang dimaksud sudah diketahui oleh pembicara dan pendengar yaitu the girls maksudnya adalah cewek-cewek personil girlband Girl Generation.
*note: definite article (the) bisa digunakan baik untuk singular (tunggal) maupun plural noun (jamak).

Zero Article (Tanpa Artikel)

Dan yang terakhir adalah zero article yakni tidak menggunakan article sama sekali.
  • Bisa digunakan pada kata benda jamak yang dapat dihitung (countable plural noun) sehingga membuat artinya tidak sepasti jika menggunakan the. Contoh I like girls = saya suka cewek (umum, semua cewek tanpa terkecuali), girls are beautiful = cewek-cewek cantik (semua yang termasuk cewek itu cantik tanpa terkecuali)
  • Digunakan pada kata benda tunggal yang tidak dapat dihitung. Contoh I like money = Saya suka uang, I study Japanese = Saya belajar bahasa Jepang, English is fun = bahasa Inggris itu menyenangkan
  • Digunakan pada proper noun (kata benda khusus/diri). Contoh My name is riizhu = Nama saya adalah riizhu, I live in Indonesia = Saya tinggal di Indonesia
Pelajaran lainnya: 9 Jenis Kata dalam Bahasa Inggris (Parts of Speech)

Huh, akhirnya selesai juga pelajaran kita kali ini, semoga penjelasan yang saya berikan tentang pelajaran article kali ini bisa mudah dimengerti, jika ada yang tidak dipahami silahkan bisa disampaikan lewat kolom komentar, dan jika bermanfaat boleh dishare^^.

1 Response to "Pelajaran Tentang Article Bahasa Inggris (a, an dan the)"