Pelajaran Tentang Penggunaan To Be was dan were

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah mempelajari to be (kata kerja bantu) am, are dan were yang digunakan pada simple present dan present continuous tense, nah dipostingan kali ini pelajarannya juga tentang to be, kali ini kita akan mempelajari to be was dan were yang digunakan pada simple past tense dan past continuous tense.

Bisa dikatakan to be am, are dan is dengan was dan were itu hampir sama persis ya, satu-satunya perbedaannya adalah am, are dan is digunakan pada kalimat dengan waktu present (sekarang) sedangkan was dan were digunakan pada waktu past (masa lalu).

Penggunaan To be was dan were

Karna sebelumnya kita sudah pernah mempelajari to be, jadi saya pikir sobat sudah tidak kebingungan lagi dengan makna dari to be yang tidak memiliki padanan arti dalam bahasa Indonesia. To be digunakan pada kalimat yang tidak memiliki kata kerja (bentuk nominal) dan juga pada bentuk verbal pada tense continuous, soalnya dalam aturan bahasa Inggris sebuah kalimat itu harus ada kata kerjanya, kalau tidak ada maka tidak bisa disebut kalimat melainkan hanya untain kata saja^^. Jadi untuk menyempurnakan kalimat yang tidak memiliki kata kerja maka digunakanlah to be yang difungsikan untuk menjadi kata kerjanya.

Subject To be Penjelasan
I was orang pertama tunggal
You were orang kedua tunggal/jamak
We were orang pertama jamak
She was orang ketiga tunggal perempuan
He was orang ketiga tunggal laki-laki
It was orang ketiga tunggal hewan/benda
They were orang ketiga jamak umum


Penggunaan to be was dan were dalam Simple Past Tense

Dalam tense simple past tense digunakan to be pada bentuk nominal, dengan rumus I/She/He/It + was + compliment, dan You/We/They + were + compliment. Compliment artinya adalah pelengkap, jadi bisa diisi apa saja, adjective, noun atau apapun yang jelas bukan verb ya^^. Was digunakan pada subject tunggal sedangkan were digunakan pada subject jamak dan berikut ini adalah contoh penggunaan was dan were pada simple past tense:
I wish you were here
Ku harap kau tlah disini
Were you busy, yesterday?
Apakah kamu sibuk kemarin?
She was not beautiful
Dulu dia tidak cantik
You were everything that I wanted
Kamu adalah segalanya yang tlah ku inginkan
We were in love
Kita tlah jatuh cinta

Penggunaan to be was dan were dalam Past Continuous Tense

To be was dan were digunakan juga pada tense past continuous tepatnya pada bentuk verbal dengan rumus Subject tunggal + was + verb ing, berikut ini adalah contohnya:
I was studying English for 5 years
Saya telah mempelajari bahasa Inggris selama 5 tahun
She was watching TV when I came
Ketika saya telah datang dia sedang menonton TV
My parents were working when I slept
Orang tuaku sedang bekeja ketika aku tlah tidur

Baca juga to be lainnya: Pelajaran Tentang Penggunaan To be am, are dan is

Yeah, selesai sudah pelajaran kita tentang to be was dan were kali ini, mudah-mudah penjelasan yang saya sampaikan bisa dengan mudah diserap oleh semua pembaca blog Bahasa Inggris Bersama ini, aamiin. Well, till then guys, I will be back soon in the new lessons^^)/ take care.

0 Response to "Pelajaran Tentang Penggunaan To Be was dan were"

Post a Comment