Mengenal Conjunction and, but, or, so dan because

Conjunction juga termasuk sebagai salah satu dari 9 bagian-bagian kata (parts of speech), makna dari conjunction dalam pelajaran bahasa Inggris adalah "kata sambung" atau "kata penghubung" atau ada juga yang menyebutnya "konjungsi" yakni kata-kata yang bertugas untuk menghubungkan antara dua atau lebih kata atau kalimat. Ada cukup banyak conjunction dalam bahasa Inggris, tapi untuk hari ini kita fokus mempelajari conjunction-conjunction yang mudah dipahami dulu yakni conjunction and, but, or, so dan because.
Konjungsi bahasa Inggris

Kata Penghubung/Konjungsi "and"

Kata penghubung and digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih kata benda atau kalimat. Contoh:
I can speak Japanese and English
Saya bisa berbicara dalam bahasa Jepang dan Inggris
I sleep at 09:00 PM and get up at 06:00 AM
Saya tidur jam 9 malam dan bangun jam 6 pagi

Kata Penghubung/Konjungsi "but"

Conjunction but berfungsi untuk menghubungkan dua buah kalimat yang memiliki makna kontradiktif. Contoh:
I like her but she does not like me
Saya menyukai dia tapi dia tidak menyukai ku
I live in England but I can't speak English
Saya tinggal di negara Inggris tapi saya tidak bisa bahasa Inggris

Kata Penghubung/Konjungsi "or"

Kata penghubung or digunakan untuk menawarkan antara dua pilihan. Or bisa menghubungkan kata dan kalimat. Contoh:
Stay here or back to school
Tetap di sini atau kembali ke sekolah
You can eat hamburger or pizza for lunch
Kamu bisa makan hamburger atau pizza untuk makan siang

Kata Penghubung/Konjungsi "so"

Conjunction so digunakan untuk menunjukkan hasil dari sesuatu (kalimat pertama). Contoh:
I like all Japanese food, so I also like sashimi
Saya menyukai semua makanan Jepang, jadi saya suka juga sashimi
She is very kind, so I like her
Dia sangat baik hati, jadi saya menyukainya

Kata Penghubung/Konjungsi "Because"

Dan yang terakhir yaitu conjunction because, yang menunjukkan alasan atau penyebab dari sesuatu. Contoh:
I like her because she is beautiful
Saya menyukai dia karna dia cantik
I study English because I want a good job
Saya belajar bahasa Inggris karna saya ingin pekerjaan yang bagus

Baca juga: Pengertian dan Contoh Superlative Adjective

Sip, cukup 5 buah conjunction / kata penghubung ini dulu yang kita perlu hafal dan pahami maknanya, insya allah nanti akan kita pelajari lagi conjunction-conjunction lainnya lagi, so don't forget to visit this blog again, Ok? see you next time guys and take care.

1 Response to "Mengenal Conjunction and, but, or, so dan because"