Pelajaran Tentang Penggunaan To Be am, are dan is

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh^^ hehe, kayak Da'i aja ya, baiklah senang sekali rasanya saya diberi kesempatan untuk menyapa sobat BIB semuanya, how are you? today, we are going to learn about to be in present tense am, are and is, biasanya bagi orang Indonesia yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali akan merasa bingung dengan to be dalam bahasa Inggris ini, termasuk saya waktu awal-awal belajar bahasa Inggris merasa bingung dengan to be am, is, are ini, kata guru saya sih artinya "adalah" tapi tetap bingung karna ada beberapa situasi yang tidak bisa/sesuai diartikan sebagai "adalah", orang Indonesia merasa bingung dengan to be saat mulai belajar saya rasa wajar ya, soalnya tidak ada padanan arti to be di dalam bahasa Indonesia.

Oh iya, sebelumnya sobat sudah tau belum apa arti dari to be? to be adalah sebuah kata yang berfungsi untuk menjadi sebuah kata kerja bantu pada kalimat yang tidak ada kata kerja utamanya (bentuk nominal) agar dapat menjadi sebuah kalimat sempurna. Dalam aturan bahasa Inggris, setiap kalimat itu harus memiliki kata kerja, jadi to be akan digunakan pada kalimat-kalimat yang tidak memiliki kata kerja atau istilahnya disebut bentuk nominal, dan pada tense continuous to be juga digunakan. Ada lumayan banyak to be dalam bahasa Inggris sob, tapi dalam postingan kali ini kita akan fokus pada to be yang digunakan pada simple present tense dan present continuous tense dulu ya^^, yuuuuuukkk.
To be am, are dan is

Penggunaan To Be am, are, is

Apa sih perbedaan antara am, are dan is? sebenarnya ketiganya sama, yang membendakannya tergantung pada si subject saja. Am digunakan pada subject orang pertama tunggal, are digunakan pada orang kedua tunggal ataupun jamak dan juga digunakan pada orang pertama jamak dan juga pada orang ketiga jamak, sedangkan is hanya digunakan pada orang ketiga tunggal saja. Lihatlah tabel dibawah ini agar lebih mudah memahaminya.

Subject To be Penjelasan
I am orang pertama tunggal
You are orang kedua tunggal/jamak
We are orang pertama jamak
She is orang ketiga tunggal perempuan
He is orang ketiga tunggal laki-laki
It is orang ketiga tunggal hewan/benda
They are orang ketiga jamak umum

Penggunaan to be am, are dan is pada Simple Present Tense

To be am, are dan is ini digunakan pada simple present tense pada kalimat nominal yakni di dalam kalimat yang tidak ada kata kerjanya. Contoh:
I am Indonesian
Saya adalah orang Indonesia
You are beautiful
Kamu itu cantik
He is not my friend
Dia bukanlah temanku
It is my cat
Dia (hewan) adalah kucingku
You and I are friend
Kau dan aku adalah teman
We are friend
Kita adalah teman

Penggunaan to be am, are dan is pada Present Continuous Tense

Kalau pada simple present to be digunakan pada bentuk nominal, nah kalau di tense present continuous ini to be digunakan pada bentuk verbal, yakni pada rumus subject + to be (am/are/is) + verb ing. Berikut ini adalah beberapa contohnya:
I am studying English now
Saya sedang belajar bahasa Inggris sekarang
I and my friends are watching anime
Saya dan teman-teman sedang menonton anime
My mother is not cooking in kitchen
Ibuku tidak sedang memasak di dapur

Baca juga: Pelajaran Tentang Penggunaan Article a, an dan the

Ok, sip, itulah dia arti dan penggunaan to be am, are dan is, mudah-mudahan kita tidak kebingungan lagi dengan arti to be am, are dan is ini. Jika sobat masih kebingungan silahkan tinggalkan komentar, barang kali saya atau mungkin sobat kita yang lainnya bisa menjawab dan membantu^^)/.

0 Response to "Pelajaran Tentang Penggunaan To Be am, are dan is"

Post a Comment