Perbedaan Penggunaan Kata Other, the Other dan Another

Hi sobat Bahasa Inggris Bersama semuanya kita bersua kembali masih bersama saya riizhu^^)/ yuk kita belajar bahasa Inggris lagi. Dalam pelajaran hari ini kita akan mempelajari perbedaan dari kata other, the other dan another, kata-kata ini memiliki arti yang sama yakni "yang lain/lainnya" tapi memiliki aturan penggunaan yang berbeda jadi jangan sampai tertukar dalam menggunakannya ya, pastikan sobat bisa memastikan kapan menggunakan other dan kapan menggunakan another dan juga the other.

Penggunaan Sebagai Kata Sifat

Baik kata other, another ataupun the other, ketiganya bisa digunakan sebagai (adjective), dan dalam hal ini, kata other hanya boleh digunakan pada kata benda jamak (plural noun), another hanya digunakan pada kata benda tunggal (singular noun) dan the other bisa digunakan baik pada kata benda tunggal maupun kata benda jamak. Contoh:
other stories
cerita-cerita lainnya
another episode
episode lainnya
the other country
negara lainnya
the other countries
negara-negara lainnya

Penggunaan sebagai pronoun

Kata other, another, the other atau bisa juga the others semuanya bisa digunakan sebagai pronoun yakni kata ganti, jika kata other cs ini berperan sebagai pronoun maka dia tidak membutuhkan kata benda lagi, karna other cs lah yang sudah berperan menggantikan kata benda tersebut. Perhatikan contoh berikut:
There are 8 people here, 1 from Malaysia, another from India and others from Indonesia and the others from New Zealand
Ada 8 orang disini, satu dari Malaysia, (satu) yang lainnya dari India, yang lainnya dari Indonesia dan yang lainnya lagi dari Selandia Baru

Want more other examples? Ok, Inilah contoh-contoh lainnya yang menggunakan kata another dan other agar semakin menguatkan pemahaman kita tentang perbedaan another dan other:
There are some other people who don't like onion
Ada beberapa orang-orang lainnya yang tidak menyukai bawang merah
You will go to another world when you sleep
Kamu akan pergi kedua lain ketika kamu tidur
This is another story about us
Ini adalah cerita lainnya tentang kita
I saw a lion among other animals
Aku telah melihat seekor singa di antara hewan-hewan lainnya

Baca juga: Perbedaan Penggunaan Between dan Among

Ok, selesai sudah pelajaran kita hari ini, intinya, jika dalam posisi sebagai kata sifat, another digunakan pada kata tunggal, other pada kata jamak dan the other bisa pada tunggal maupun jamak, dan jika pada posisi sebagai pronoun maka makna another hanya menunjukan ada satu lainnya saja sedangkan others, the others menunjukan ada lebih dari satu^^. Ya cukup mengingat itu saja sob, tidak sulit kan^^.

0 Response to "Perbedaan Penggunaan Kata Other, the Other dan Another"

Post a Comment