Pengertian dan Contoh Superlative Adjective Bahasa Inggris

Welcome back learners, selamat datang dan selamat belajar bahasa Inggris di sini, silahkan mau belajar tentang apa saja, semuanya gratis. Hmm, hari ini kita akan mempelajari tentang Superlative Adjective, aturan perubahannya sangat mirip dengan pelajaran Comparative Adjective yang kita pelajari semalam. Kalau sudah mengerti pelajaran kemarin, saya yakin sobat takkan kesulitan mempelajari grammar ini, karna bisa dibilang comapartive dan superlative itu satu paket. Superlative adjective adalah kata sifat yang ditambah arti "paling/ter~", kalau dalam bahasa Inggris ciri-cirinya berakhiran ~est atau ditambahkan "the most".
Contoh Superlative Adjective

Pengertian Superlative Adjective
Berikut ini adalah aturan-aturan untuk mengubah kata sifat menjadi superlative adjective:
  • Kata sifat dengan satu suku kata: langsung tambahkan ~est contoh. tall - tallest, small - smallest, old - oldest, long - longest, high - hingest dll.
  • Kata sifat satu suku kata yang berakhiran e: cukup tambahkan ~st saja. Contoh: large - largest, wise - wisest dll.
  • Kata sifat satu suku kata yang terdiri dari KVK (konsonan vokal konsonan), maka double kan huruf akhirnya lalu tambah ~est. Contoh: big - biggest, thin - thinnest, fat - fattest dll.
  • Kata sifat yang terdiri dari dua suku kata atau lebih: Maka tidak perlu perubahan, cukup tambahkan kata the most saja. Contoh: beautiful - the most beautiful, expensive - the most expensive, the most talented actor dll
  • Kata sifat yang terdiri dari dua suku kata yang berakhiran y: ganti huruf akhir y dengan i lalu tambahkan ~est. Contoh: happy - happiest, busy - busiest, angry - angriest dll
  • Kata sifat dua suku kata yang berakhiran -le, -ow atau er. Contoh: narrow - narrowest, gentle - gentlest dll.
*Note: Kata sifat yang memiliki perubahan tidak beraturan (Irregular Adjective) yaitu: good - best, bad - worst, far - farthest, little - least, much/many - most.
*Note: Untuk kata sifat dua dua suku kata, bisa memggunakan dua cara yakni menggunakan er atapun menggunakan tambahan more. Contoh: Simple - simplest/most simple, happy - happiest/most happy, quiet - quietest/most quiet, friendly - frendliest/most friendly dll.
*Note: Aturan superlative ini bisa juga digunakna untuk adverb/kata keterangan. Contoh: most seriously, most quietly, most slowly.

Terakhir tinggal contoh penggunaannya dalam kalimat lengkap, susunannya hampir mirip sih dengan comparative adjective kemarin, bedanya superlative adjective ini selalu menggunakan article definite "the". Silahkan disimak contoh kalimatnya:
Michael Jordan is the tallest of all player here
Michael Jordan adalah yang paling tinggi antara semua pemain disini
I am the shortest among us
Saya adalah yang terendah di antara kita
This is the easiest grammar I've ever learned
Ini adalah tata bahasa yang termudah yang pernah saya pelajari
Cristiano Ronaldo is the most talented player in the world
Cristiano Ronaldo adalah pemain paling bertalenda di seluruh dunia
Who is the best between Ronaldo and Messi?
Siapa yang terbaik antara Ronaldo dan Messi?
It will be my best day, tomorrow
Besok akan menjadi hari terbaikku
Baca juga: Pengertian dan Contoh Comparative Adjective

Yeah, selesai sudah pelajaran bahasa Inggris kita tentang superlative adjective hari ini, semoga tulisan dan penjelasan saya bisa mudah dipahami, dan semoga postingan-postingan di blog ini bisa menberikan manfaat. Aamiin, sampai jumpa lagi dipelajaran selanjutnya, see you again in the next lesson^^.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Superlative Adjective Bahasa Inggris"

Post a Comment