Pengertian dan Contoh Comparative Adjective Bahasa Inggris

Assalamualaikum sahabat bahasa Inggris bersama yang riizhu cintai, senang bisa berjumpa lagi disini^^, di malam hari ini riizhu ingin share pelajaran tentang pengertian Comparative Adjective dan contoh-contohnya tentunya. Comparative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan perbedaan antara dua sesuatu/hal. Lebih singkatnya yaitu kata sifat yang mengandung arti "lebih", seperti lebih tinggi, lebih bagus, lebih pintar dan sebagainya. Kalau dalam bahasa Indonesia kita membuat komparative/perbandingan cukup dengan hanya menambahkan kata "lebih" saja, tapi dalam bahasa Inggris maka kita akan mengubah kata sifatnya/menambah suffix ~er atau dengan menambahkan kata more.
pengertian comparative adjective
Di bawah ini adalah aturan-aturan untuk mengubah kata sifat menjadi comparative adjective:
Aturan comparative adjective
  • Kata sifat dengan satu suku kata: langsung tambahkan ~er contoh. tall - taller, small - smaller, old - older, long - longer, high - hinger dll.
  • Kata sifat satu suku kata yang berakhiran e: cukup tambahkan ~r saja. Contoh: large - larger, wise - wiser dll.
  • Kata sifat satu suku kata yang terdiri dari KVK (konsonan vokal konsonan), maka double kan huruf akhirnya lalu tambah -er. Contoh: big - bigger, thin - thinner, fat - fatter dll.
  • Kata sifat yang terdiri dari dua suku kata atau lebih: Maka tidak perlu perubahan, cukup tambahkan kata more saja. Contoh: beautiful - more beautiful, careful - more careful, expensive - more expensive dll
  • Kata sifat yang terdiri dari dua suku kata yang berakhiran y: ganti huruf akhir y dengan i lalu tambahkan ~er. Contoh: happy - happier, busy - busier, angry - angrier dll
  • Kata sifat dua suku kata yang berakhiran -le, -ow atau er. Contoh: narrow - narrower, gentle - gentler dll.
*Note: Kata sifat yang memiliki perubahan tidak beraturan (Irregular Adjective) yaitu: good - better, bad - worse, far - farther, little - less, much/many - more.
*Note: Untuk kata sifat dua dua suku kata, bisa memggunakan dua cara yakni menggunakan er atapun menggunakan tambahan more. Contoh: Simple - simpler/more simple, happy - happier/more happy, quiet - quieter/more quiet, friendly - frendlier/more friendly dll.
*Note: Comparative adjective juga bisa digunakan untuk adverb (kata keterangan). Contoh: more happily, more slowly, more quietly.

Sip, kita telah mempelajari aturan perubahan kata sifat komparatif (comparative adjective), terakhir tinggal perhatikan penggunaannya dalam kalimat lengkap^^, silahkan kita simak bersama, biasanya pasangan dari kata sifat komparatif ini adalah "than" yang memiliki arti "dari/daripada":
My friend, Billy is taller than me
Temanku, Billy lebih tinggi dariku
Anna is more beautiful than Elisa
Anna lebih cantik daripada Elisa
This food is more expensive than that
Makanan ini lebih mahal daripada itu
Is there harder level than this?
Apakah ada level yang lebih sulit dari ini?
The grammar today is easier than before
Tata bahasa hari ini lebih mudah daripada yang sebelumnya
I am short, but my sister is shorter
Saya pendek, tapi saudari saya lebih pendek
You're smart, but I thing there is another person who is smarter than you
Kamu itu pintar, tapi saya pikir masih ada orang lain yang lebih pintar darimu
Can you run farther than I did
Bisakah kamu berlari lebih jauh dari yang tlah ku lakukan

Yeah, itulah pelajaran mengenai comparative adjective atau kata sifat perbandingan atau lebih mudahnya ingat saja kata sifat yang ditambah arti "lebih", nanti akan kita lanjutkan kembali mempelajari tentang superlative adjective di pelajaran berikutnya ya, untuk hari ini cukup isi otak sobat dengan pelajaran comparative adjective ini dulu ya, biar tidak pusing dan tidak ketuker nantinya, soalnya agak mirip^^, bye bye, see you tomorrow, learners.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Comparative Adjective Bahasa Inggris"

Post a Comment