Mengenal Kata Tunjuk Bahasa Inggris (Demonstrative Pronoun dan Demonstrative Adjective)

Hallo sobat semua, apa kabar semuanya, semoga saja dalam keadaan baik agar kita bisa mempelajari bahasa Inggris dengan tenang^^, adapun pelajaran bahasa Inggris kita hari ini adalah mengenal kata tunjuk dalam bahasa Inggris atau istilahnya itu disebut demonstrative. Sepertinya kata tunjuk bahasa Inggris cukup mudah dipelajari, soalnya agak mirip dengan kata tunjuk bahasa Indonesia, "ini" dan "itu".

Perlu sobat ketahui, terdapat 2 jenis kata tunjuk dalam bahasa Inggris yaitu demonstrative pronoun dan juga demonstrative adjective. Oh iya, kita cuma perlu mengingat 4 kata tunjuk saja yakni this, that, these dan those.
Kata tunjuk dalam bahasa Inggris

Demonstrative Pronoun

Demonstrative pronoun adalah kata tunjuk yang berfungsi sebagai pronoun (kata ganti), jadi biasanya kata tunjuk ini berdiri sendirian. Contoh:
This is not Budi
Ini bukan Budi
That is Budi's mother
Itu adalah ibunya Budi
These are not my books
Ini bukanlah buku-bukuku
Those are your books
Itu adalah buku-bukumu
*Note: This dan that digunakan pada kata benda tunggal (singular noun) sedangkan these dan those digunakan pada kata benda jamak (plural noun). Perhatikan juga to be nya, this dan that menggunakan to be "is" sedangkan these dan those menggunakan to be "are".

Demonstrative Adjective

Demonstrative adjective adalah kata tunjuk yang difungsikan/diletakan sebagai adjective (kata sifat). Ciri-cirinya, kata tunjuk ini selalu menempel bersama noun (kata benda). Contoh:
This boy is Budi
Anak laki-laki ini adalah Budi
That woman is Budi's mother
Perempuan itu adalah ibunya Budi
These books is not mine
Buku-buku ini bukanlah punyaku
Do you like those cars
Apa kamu suka mobil-mobil itu

Baca juga: Pengertian Possessive Adjective dan Possessive Pronoun

Selesai, wah ternyata cukup singkat pelajaran kita tentang kata tunjuk bahasa Inggis kali ini ya^^, mudah-mudahan saja postingan sederhana ini dapat mudah dimengerti, kalau ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan moggo sampaikan lewat komentat ya^^, sampai berjumpa lagi dipelajaran berikutnya.

1 Response to "Mengenal Kata Tunjuk Bahasa Inggris (Demonstrative Pronoun dan Demonstrative Adjective)"

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat sekali. Saya sebenarnya sama sekali tidak berniat belajat bahasa inggris, tapi ada orang korea berkata kepada saya "Belajarlah bahasa inggris sedikit demi sedikit"

    ReplyDelete