Pengertian, Rumus dan Contoh Present Continuous Tense

Hello all, I'm backξ(∀≦●ξ) hehe, alhamdulillah hari ini saya bisa berkesempatan untuk memposting sebuah artikel lagi, dan pelajaran yang akan kita pelajari kali ini masih tentang tense, hari ini kita akan mempelajari tentang pengertian, rumus dan contoh present continuous tense, well mari kita langsung saja mulai pelajarannya yuk(≧ε≦๑).

Rumus:

Kalimat Verbal:

I + am + Verb 1 -ing + Object/Adverb
He/She/It + is Verb 1 -ing + Object/Adverb
We/They/You + are + Verb 1 -ing + Object/Adverb

*Note: Kalimat Nominal dari Present Continuous Tense (Subject + To Be + Being + Complement) jarang sekali digunakan, dan sebagai penggantinya digunakan kalimat Nominal Simple Present Tense


Aturan penambahan ing dibelakang Verb 1 adalah sebagai berikut:
  • Kata kerja yang diakhiri dengan sebuah huruf e, maka huruf e dihilangkan dan kemudian ditambah dengan ing. Contoh: love - loving, drive - driving.
  • Kecuali kata kerja yang diakhiri dengan ee, maka kata kerja tersebut langsung ditambah dengan ing. Contoh: see - seeing, free - freeing.
  • Kata kerja yang berakhiran dengan ie, maka kata kerja tersebut langsung ditambah dengan ing. Contoh: die - dying, lie - lying.
  • Kata kerja yang terdiri dari satu suku kata yang memiliki pola KVK (Konsonan Vokal Konsonan), maka konsonan terakhir ditulis rangkap dan kemudian ditambah dengan ing. Contoh: run - running, put - putting.
  • Kata kerja yang terdiri dari dua suku kata atau lebih dimana suku kata terakhir hanya memiliki satu huruf vocal dan dibaca dengan tekanan, maka konsonan terakhir ditulis rangkap kemudian ditambah dengan ing. Contoh: submit - submitting, begin - beginning.
  • Kata kerja yang terdiri dari dua suku kata yang berakhiran dengan huruf L dimana sebelum huruf L hanya ada satu huruf vokal, maka huruf L ditulis rangkap kemudian ditambah dengan ing. Contoh: quarrel - quarrelling, cancel - cancelling.
  • Kata kerja yang tidak termasuk dalam kriteria atau aturan-aturan tersebut diatas hanya ditambah dengan ing secara langsung. Contoh: look - looking, wish - wishing 

Penggunaan Present Continuous Tense

Digunakan untuk menyatakan peristiwa atau perbuatan yang sedang berlangsung pada saat bicara. Untuk tujuan ini seringkali digunakan kata keterangan seperti now, right now, at the moment, at present. Contoh: 
My brothers are watching television now
Saudara-saudara laki-lakiku sedang menonton televisi sekarang
The children are studying their homework at the moment
Anak-anak sedang mempelakari pekerjaan rumahnya pada saat ini

Digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang terjadi atau dilakukan di masa sekarang, tetapi tidak harus terjadi atau berlangsung pada saat bicara. Contoh:
Mr. David is writting a novel
Tuan David sedang menulis sebuah novel

Digunakan untuk menyatakan suatu rencana yang sudah pasti akan dilakukan dalam waktu dekat. Contoh: 
We are visitting him tonight
Kami akan mengunjunginya malam ini
My father is leaving for Jogyajarta by bus this afternoon
Ayahku akan berangkat ke Jogyakarta naik bus siang ini

Digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang terjadi secara berulang-ulang atau perbuatan yang sepertinya terus-menerus terjadi. Untuk tujuan ini seringkali digunakan keterangan waktu seperti always, continually, constantly, forever. Penggunaan ini pada umumnya digunakan untuk menyatakan perasaan terganggu atau jengkel. Contoh:
My grandfather is always losing his walking-stick
Kakekku selalu saja kehilangan tongkatnya
☆Presemt Continuous Tense dalam Bentuk Kalimat Tanya (interrogative): jika hendak membuat kalimat tanya, maka To Be diletakkan di depan subject. Contoh :
What are you doing now?
Apa yang sedang kamu kerjakan sekarang
Is he printing the text?
Apakah dia sedang mencetak teks

☆Present Continuous Tense dalam Bentuk Kalimat Negatif: Jika hendak membuat kalimat negatif, maka kita tambahkan not dibelakang To Be. Contoh :
I am not studying English
Saya tidak belajar bahasa inggris
They are not speaking English
Mereka tidak sedang berbicara bahasa inggris

Baca juga tense lainnya: Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Present Tense

Ok, untuk pelajaran Present Continuous Tense sudah selesaiヾ(@^▽^@)ノ, jika ada yang tidak dipahami jangan sungkan untuk bertanya, sampai disini dulu perjumpaan kita guys, sampai ketemu dipelajaran bahasa Inggris lainnya lagi ya, Cherio!.

0 Response to "Pengertian, Rumus dan Contoh Present Continuous Tense"

Post a Comment